Generasi Milenial

-

Artikel Terbaru

Friday, May 10, 2019

Mengenal Lebih Dalam Bandara Baru Yogyakarta

Apakah Anda sering bepergian ke Yogyakarta? Jika Anda menjawab ya, maka sekarang saya akan memberi tahu Anda tentang keberadaan Bandara Internasional Baru ini di Kota Yogyakarta. Menjadi topik tren saat ini, kota Yogyakarta sudah memiliki bandara baru, meskipun saat ini (Mei 2019) pembangunannya belum selesai 100%.

Bandara, yang akan mulai beroperasi sebagai bandara internasional, dinamai Bandara Internasional Baru Yogyakarta (NYIA). Bandara ini juga akan menjadi pengganti semua kegiatan penerbangan internasional yang pernah ada di Bandara Adisucipto. Dan Bandara Adisucipto akan menjadi bandara domestik (penerbangan regional Indonesia). Jadi jangan heran, jika Anda dari luar Indonesia akan mengunjungi Yogyakarta, karena ketika Anda datang ke Yogyakarta bandara akan berbeda dari bandara sebelumnya. Menurut informasi yang telah beredar di lapangan, dan di sisi udara, pembangunan landasan pacu yang dimiliki oleh Bandara Internasional Baru Yogyakarta adalah 3.250 meter × 60 meter panjangnya, 1.000 m lebih panjang dari landasan pacu di Bandara Adi Sutjipto. Landasan pacu dirancang dengan konsep ramah lingkungan dan mengedepankan konsep kearifan lokal. Misalnya, menghadirkan ornamen Batik Kawung yang merupakan motif batik asli Jogja. Ornamen adalah elemen terbesar dalam setiap desain interior ruang bandara termasuk atap terminal penumpang yang terdiri dari tiga lantai. Selain itu, nuansa jalan Malioboro dan Taman Sari juga identik dengan ikon Yogyakarta.

Beberapa fasilitas di bandara Yogyakarta yang baru adalah ruang tunggu, ruang tunggu penyandang cacat, ruang tunggu eksekutif, toilet, ruang perawatan, area bermain anak-anak, bungkus koper, toko-toko suvenir, dan tempat-tempat untuk mengisi daya ponsel. NYIA akan mulai melayani penerbangan internasional yang dialihkan dari Bandara Adisucipto mulai 29 April 2019. Rute internasional meliputi Yogyakarta - Singapura dan Yogyakarta - Kuala Lumpur. Sementara itu, pembangunan terminal domestik masih berlangsung. Karena itu, jangan heran jika Anda akan melihat derek atau truk bolak-balik di area bandara seluas 587,3 ha.


No comments:

Post a Comment