Generasi Milenial

-

Artikel Terbaru

Friday, April 10, 2020

5 Penyakit ini Memiliki Gejala Mirip Corona, Kamu Harus Tahu

Di Penghujung Tahun 2019 lalu, dunia dihebohkan dengan kemunculan varian virus mematikan baru, virus yang diprediksi awal kemunculannya berasal dari kota Wuhan China, Virus Corona Wuhan, atau Novel Corona Virus (nCOV-19), virus ini menyebar secara cepat dan masif hingga berbagai negara, termasuk negara Indonesia ini. Hingga tanggal 10 April 2020, berdasarkan situs worldometers, tercatat kasus 1.652.655 Orang yang terinfeksi dan 100.371 kasus kematian akibat terpapar virus covid-19.

Konon virus ini masih satu  keluarga dengan virus yang menyebabkan wabah MERS dan SARS, virus berbahaya yang sempat mewabah beberapa tahun lalu. Kondisi ini sungguh membuat hati cemas. Wabah Covid-19 sudah menjadi pendemi dan ancaman serius yang harus segera diatasi. Terkadang keadaan ini membuat beberapa orang berpikir seperti paranoid, bahkan ketika ada orang batuk atau bersin di sekitarnya, bisa saja orang disekitar merespon dengan bergidik ngeri, padahal belum tentu dia terpapar virus covid ini. Dugaan-dugaan ini adalah wajar terjadi, mengingat gejala virus covid mirip-mirip dengan penyakit lainnya.

Nah, Kawan GenMils, biar kamu gak terlalu paranoid, apa saja penyakit yang gejalanya mirip dengan covid? berikut diantaranya!

1. Radang Tenggorokan
radang tenggorokan adalah penyakit yang mengakibatkan rasa nyeri, iritasi pada tenggorokan, rasa terbakar di tenggorokan, biasanya efeknya akan terasa susah untuk menelan makanan atau minuman, penyakit ini biasanya akan pulih dengan sendirinya dalam waktu satu minggu, biasanya penyakit ini bisa diobati dengan minum air putih yang banyak.

2. ISPA (infeksi saluran pernafasan akut)
Kedua penyakit ini memang mirip, karena menyarang organ pernafasan, gejalanya pun mirip, yaitu batuk, sesak napas dan juga demam, hanya saja bedanya ispa lebih banyak menyarang anak kecil,sedangkan covid lebih dominan menyerang orang dewasa - lansia dengan kekebalan tubuh yang lemah.

3. Bronkitis
Penyakit ini gejalanya juga mirip dengan corona, yaitu batuk, napas tersengal, sakit dada dan demam. Sekilas mirip loh dengan covid, namun sebenarnya kedua penyakit ini adalah berbeda. Batuk yang disebabkan oleh COVID-19 adalah batu kering, sedangkan batuk karena bronkitis akan ditandai dengan batuk basah yang memiliki banyak lendir berlebih di bagian faring dan laring penderitanya. Tapi, Covid juga bisa menyebabkan bronkitis tergantung pada tingkat keparahannya

4. TBC (Tuber Colosis)
TBC adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh bakteri tubercolosis, bakteri ini bisa menular melalui udara. Gejala TBC adalah batuk parah dalam waktu yang lama, demam dan hilang nafsu makan. Pda TBC ketika batuk biasanya mengeluarkan lendir dan juga darah. Hingga sekarang kondisi ini belum tampak pada pasien corona.

5 Flu Biasa
Flu biasa ataupun COVID sama-sama disebabkan oleh virus, namun virus dari golongan yang berbeda dan punya karakteristik berbeda
Gejala Flu biasa bersin-bersin, hidung tersumbat, sakit kepala ringan, batuk, dan kemungkinan demam (jarang), sedangkan pada covid gejalanya adalah demam tinggi, batuk dan sesak napas. Gejala Bersin-Bersin jarang ditemukan pada penderita covid.

Kawan Genmils, Corona ini memang memiliki gejala yang umum terjadi, so, penting buatmu untuk tidak menyepelekan semua keluhan yang kamu rasakan, entah itu batuk, pilek, sesak napaas , dan sebagainya. Terlebih bila kamu baru saja bepergian ke daerah-daerah yang terjangkit virus corona.

Untuk Pencegahan, sebaiknya kamu ikutin anjuran pemerintah ya :)
- Sering cuci tangan pake sabun
- gunakan masker kalau batuk/ pilek dan bepergian keluar rumah
- dan yang terpenting #STAYATHOME, dirumah dulu, pergi kalau hanya penting saja.
- Terapkan Physical Distancing/ Jaga Jarak dengan orang lain minimal 1 meter.
- Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terpapar oleh virus

Oiya, Kawan GenMils, jangan sebarkan berita-berita hoax ya, agar aura positif yang akan tercipta di setiap orang, HOAX akan membuat ketakutan dan pastinya akan menyebabkan imunitas tubuh menjadi turun.

#STAYATHOME
#STOPCORONA

No comments:

Post a Comment